Jakarta - Perum Perumnas mengaku agak kesulitan untuk membangun rumah murah di Pulau Jawa ketimbang di luar Jawa, kenapa?

Direktur Pemasaran Perum Perumnas, Teddy Robinson menuturkan, selain masalah lahan, kontribusi dari pemerintah daerah setempat juga menjadi faktor penting lancarnya pembangunan perumahan murah seperti untuk para PNS dan lain-lain.

“Kalau di luar Jawa, pemdanya perhatian dalam rangka penyediaan rumah bagi PNS. Kalau di Jawa agak susah pemdanya,” ungkap Teddy saat ditemui wartawan di Hotel Ambhara, Jakarta, Jumat (3/8/12).

Teddy menambahkan, pemerintah daerah di luar Pulau Jawa tak hanya berkontribusi dalam pengadaan lahan untuk perumahan, tetapi juga mereka berkontribusi dalam hal materil.

“Pemda di daerah itu tak hanya memberikan lahan, tapi juga ngasih alokasi dananya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, MoU yang telah disepakati dengan Menteri Dalam Negeri beberapa waktu lalu, seperti menjadi angin lalu, karena fakta di lapangan belum ada yang terealisasi.

“Yang waktu itu dengan Mendagri saja, banyak yang teken tapi yang deal nggak ada, itu faktanya,” tambahnya.

Dikatakan Teddy, Saat ini Perumnas sedang gencar untuk membangun rumah di kawasan timur Indonesia. “Kita gencar indonesia timur, NTT, NTB Maluku, itu kita garap semua, Sulsel. Demand oke, mencari lahan nggak begitu sulit,” pungkasnya.