Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) merupakan salah satu terobosan pemerintah untuk menyelesaikan masalah hunian di kota-kota besar. Program rusunawa merupakan konsep hunian vertical yang diperuntukan untuk kalangan menengah kebawah (MBR) agar mampu mengakses hunian layak di perkotaan. Beberapa rusunawa yang dikembangkan oleh Perumnas khususnya di Jakarta antara lain rusunawa Cengkareng, Kemayoran, Pulogebang dan Koja.
Pengelolaan rusunawa yang dianggap masih kurang rapi saat ini menjadi pemikiran pemerintah agar rusunawa dapat dikelola secara baik dalam bidang pembangunan, perawatan maupun administrasinya. Beberapa rusunawa yang dikembangkan oleh Perumnas saat ini masih dikelola secara manual yaitu dengan melakukan pembayaran uang sewa di loket pembayaran.
Berdasarkan hal tersebut Menteri BUMN Dahlan Iskan bersama dengan Himawan Arief selaku Dirut Perumnas menggagas suatu konsep sinergi BUMN dengan menggandeng pihak Bank dalam menyediakan dan mendukung sistem pembayaran rusunawa agar lebih praktis dan cepat sehingga pelaporan pemasukan uang sewa dapat lebih mudah dan terkontrol dengan baik.
Asmawi Syam selaku Direktur Bisnis Kelembagaan dan BUMN BRI optimis dengan kesuksesan sistem pembayaran Rusunawa Perumnas dengan BRI Virtual Account (BRIVA) ini. Layanan BRIVA ini memberikan kemudahan dalam pemanfaatan sistem layanan jasa perbankan yang cepat, nyaman, modern, dan terpercaya. BRIVA merupakan virtual account perbankan dengan sistem real-time online, sehingga seluruh pembayaran dapat dengan mudah dilakukan pengawasan dan pemantauan. Selain itu, lanjut Asmawi, untuk mendukung kegiatan pengelolaan keuangan Perumnas yang telah menggunakan BRIVA, BRI juga siap dengan fasilitas Cash Management System.
Dalam Program kerjasama antara BRI dan Perumnas ini seluruh penghuni rusun akan memperoleh nomor rekening virtual account. Pembayaran Virtual Account dapat dilakukan melalui berbagai channel antara lain di lebih dari 10.000 jaringan kerja konvensional BRI dan lebih dari 100.000 jaringan EDC dan ATM serta layanan internet dan mobile banking BRI, tambahnya. Optimalisasi virtual account dan cash management system merupakan salah satu langkah mendorong cashless society. BRI secara aktif telah mengembangkan produk dan layanan untuk mendorong tercapainya cashless society dengan berbagai produk dan layanan berupa e-money, mobile banking, internet banking yang diaplikasikan di beberapa layanan publik, mulai dari pembayaran parkir, pembayaran tiket (pesawat, bus, dan kereta api), pembayaran Listrik, pembayaran Telepon dsb.
Himawan Arief Selaku Dirut Perumnas menegaskan bahwa sinergi BUMN ini merupakan bukti kerjasama yang menguntungkan dalam menata dan memberikan pelayanan Prima kepada penghuni rusunawa Perumnas.
Kawasan rusunawa Pulogebang di Jakarta Timur akan digunakan sebagai Pilot Project penggunaan sistem ini. Program tersebut nantinya akan diterapkan di 8 Lokasi dengan 3.500 total unit Rusunawa Perumnas. Program ini merupakan terobosan dalam rangka transformasi Perumnas guna memberikan pelayanan kepada penghuni dan diharapkan dapat menjadi contoh dalam pengelolaan rusunawa di Indonesia, tutup Himawan.
Tentang BRI
Bank Rakyat Indonesia (BRI)adalah salah satu bank BUMN yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan pada tanggal 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan bentuklembaga keuangan yang melayani orang-orang pribumi. Seiring waktu setelah mengalami berbagai perubahan nama, akhirnya pada tahun 1992 nama resmi Bank BRI menjadi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Pada tahun 2003, BRI terdaftar dengan 30% dari sahamnya tercatat di Bursa dengan kode saham BBRI dari. Saat ini, BBRI merupakan bagian dari indeks LQ45 ekuitas, salah satu blue chips saham di BEI. Jaringan Kerja BRI tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke di 456 Kantor Cabang, 566 Kantor Cabang Pembantu, 962 Kantor Kas dan 8.056 jaringan mikro maupun di 90.357 EDC dan 19073 ATM BRI.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bank BRI silakan kunjungi: http://www.bri.co.id