Ruang Media

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Ruang Media

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print
Rilis Berita

Pengentasan Kawasan Kumuh Melalui Bumn Peduli. Sinergi Kerjasama Antara Perumnas Dan Kementerian Bumn

26 November 2014

Backlog perumahan yang mencapai angka 15 juta dan pemenuhan suplai perumahan yang hanya mencapai 150 ribu unit/ tahun merupakan ketimpangan yang kerap kali didengungkan di sektor perumahan dan pemukiman di Indonesia. Berbagai skema kebijakan digelontorkan pemerintah guna untuk menyeimbangkan jumlah tersebut, salah satunya dengan kebijakan KPR bersubsidi. Namun hal itu memiliki dampak yang tidak signifikan dalam mengerem laju ketimpangan antara jumlah permintaan dan pasokan rumah yang dapat dipenuhi oleh pengembang.

Menurut Himawan Arief, pemerintah harus terus menerus mencermati rumah sebagai kebutuhan pokok, tidak dilepas pada mekanisme pasar, sehingga berimbas postitif pada harga jual rumah yang semakin terjangkau bagi MBR. Ketersediaan infrastruktur yang memadai, pemenuhan keterbatasan lahan dan pengendalian harga konstruksi merupakan beberapa elemen penting dalam pembentukan delivery system yang tepat untuk pemenuhan permintaan akan perumahan di Indonesia.

Pembangunan Rumah Susun di Bandar Kemayoran ini merupakan salah satu wujud nyata atas delivery system yang tepat di sektor perumahan, tegas Himawan.

Melalui program BUMN PEDULI, Kementerian BUMN memberikan bantuan dana PKBL. Dengan konsep memindahkan warga di kawasan kumuh Kemayoran ke rumah susun ini, begitu seterusnya hingga dana batuan tersebut terserap. Berada di area 1.7 ha, 2 tower dengan 576 unit di dalamnya akan rampung dan siap dihuni paling lambat awal tahun depan, ujar Himawan.

Kedepannya keterlibatan Pemprov DKI dalam penyusunan aturan pemilihan target penghuni sangat dibutuhkan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena Pemprov DKI lebih memahami demografi masyarakat kawasan nya, sehingga penetapan masyarakat yang berhak untuk difasilitasi akan tepat sasaran.

Pembangunan Rumah Susun di Kemayoran ini seharusnya dapat menjadi pionir bagi program serupa di daerah lain yang memang memiliki permasalahan hunian di perkotaan dan merupakan terobosan baru konsep hunian dalam menata kembali kawasan kumuh perkotaan. Melalui program BUMN Peduli ini, wujud komitmen Perumnas guna mendukung Pemerintah mewujudkan pembangunan social housing yang merupakan kebijakan pro rakyat, terus kami galakkan, tutup Himawan.

Bagikan :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print
Tentang Perumnas

Perumnas merupakan salah satu BUMN yang mempunyai tugas pokok menyediakan perumahan dan pemukiman bagi masyarakat menengah ke bawah.  Beberapa kawasan pemukiman skala besar telah dibangun melingkupi area Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang kini telah berkembang, menjadi kota baru dan berfungsi sebangai kota penyangga ibukota Jakarta.  Dengan memiliki cakupan area operasional dari sabang sampai marauke. Perumnas telah membangun di lebih dari 187 kota dan 400 lokasi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumnas, silakan kunjungi www.perumnas.co.id

Perum Perumnas

Hubungi kami untuk untuk pertanyaan mengenai produk dan layanan perumnas

Copyright © Perum Perumnas – 2021